rewriting URL di PHP

rewriting URL di PHP

Rewriting url dengan menggunakan .htaccess di PHP. Pada artikel sebelumnya membahas seputar url agar terlihat lebih rapi, agar mudah terindeks oleh mesin pencari. Untuk artikel kali ini masih seputar url, yakni melakukan teknik rewriting url dengan menggunakan .htaccess di PHP.

Teman-teman apabila kalian membuat sebuah halaman yang dinamis pasti membuat parameter terlebih dahulu, kemudian baru ditambahkan sebuah atau beberapa id.

Persoalannya sekarang bagaimana kita bisa menampilkan url agar terlihat lebih mudah untuk dibaca. Pernah menggunakan CMS WordPress, disana terdapat menu pengaturan Permalink. Yup,… benar kita akan membuat url mudah untuk dibaca. Teman-teman bisa perhatikan perbedaan kedua buah url berikut:

gambar 1 – rewriting url di PHP
rewrite-url-yellowweb.jpg
gambar 2 – rewriting url di PHP

Caranya untuk membuat url pada gambar yang ke-2 adalah sebagai berikut: file halo.php, member.php dan .htaccess

Selamat mencoba.

Sebaiknya hati-hati dalam menggunakan file .htaccess ini, coba dibuat dilocalhost terlebih dahulu, kemudian baru dicoba dihosting, umumnya penyedia hosting tidak memperbolehkan file .htaccess ini pada public/html. alasan keamaan. (bisa diupload tapi tidak ditampilkan di direktori).

download:

https://drive.google.com/drive/folders/1T3FEgxJrdjqbpYK8fDGRjQKz47b2TX_J

sumber:

http://www.htaccess-guide.com/