Rekomendasi VPS

Rekomendasi VPS

Supaya teman-teman tidak dibuat bingung pada saat ingin menggunakan layanan VPS, ada beberapa hal yang harus diperhatikan mengingat saat ini banyak provider VPS yang saling berlomba-lomba dengan menawarkan berbagai macam fitur dan pelayanan. Jika diperhatikan dari sisi harga antara penyedia jasa hosting berbasis VPS yang satu dengan yang lain, ini sangatlah bersaing serta kompetitif bisa dikatakan beda-beda tipis.

Lantas apa saja yang menjadi indikator penilaian sebuah VPS ?

Yang peling penting adalah performa VPS. Untuk mengetahui performa VPS mari kita tengok spesifikasinya terlebih dahulu.

  1. Core CPU & Memory RAM
    Performa VPS sangat dipengaruhi oleh jumlah Core CPU dan RAM.Tentunya teman-teman sudah paham ya, jika berkaitan dengan angka semakin besar jumlah Core CPU dan RAMnya maka performa server akan semakin cepat.
  2. Penyimpanan (Storage)
    Disini kita berbicara media penyimpanan, jika nantinya akan digunakan untuk menyimpan banyak file, tentunya akan membutuhkan banyak space.
    Namun yang paling penting adalah pastikan jenis hardisk yang digunakan, pastikan VPS yang akan dipakai sudah menggunakan hardisk dengan model SSD, karena performanya akan jauh lebih cepat pastinya.
  3. Respon Server
    Ingin membuat sebuah halaman web yang jika diload tidak memakan banyak waktu, maka teman-teman harus perhitungkan dari berbagai aspek tadi, meliputi kombinasi CPU, RAM, media penyimpanan (storage) & jaringan (Network). Pastikan spesifikasi resource dan network dari penyedia hosting yang digunakan mampu mengakomodir kesemua hal ini, sehingga respon server yang akan kita dapatkan semakin maksimal dan optimal.
  4. Uptime Server
    Dari ketiga aspek diatas, ada satu lagi yang perlu dijadikan sebagai tolak ukur apakah penyedia hosting tersebut baik atau tidak baik (buruk) secara umum. Berbasis Shared atau VPS server yang digunakan haruslah dapat berjalan aktif serta stabil, biasanya direpresentasikan dalam bentuk %. Pastikan setidaknya uptime berada di 99,9%.

Untuk memperkecil resiko adanya downtime, maka gunakanlah penyedia hosting baik itu Shared atau VPS yang terpercaya.