Penting untuk diketahui sebelum membangun Web atau Blog

Penting untuk diketahui sebelum membangun Web atau Blog

Halo teman-teman semoga sukses dan sehat selalu ya, Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi tulisan mengenai pentingnya pengetahuan dalam membangun sebuah web atau blog, tentunya bagi teman-teman yang masih belum tahu sama sekali atau hanya sekedar tahu saja, bisa dibilang pemula.

Sekarang ini kita memasuki eranya milenial(gen-z) bukan gen-y, gen-x apa lagi baby boomers, teknologi serba canggih dan berjalan dengan cepat, inovasi terus selalu berkembang dan ini dapat dilihat dalam kurun waktu setiap 4 (empat) tahun sekali terdapat produk atau teknologi termutakhir yang diperkenalkan oleh perusahaan-perusahaan besar dan ternama.
Sebuah website itu sendiri tentunya tidak lepas dari sentuhan dan peran teknologi yang ikut mempengaruhi performa ataupun cara kerja (algoritma) sebuah sistem (browser).


Web dan Blog merupakan kebutuhan yang sangat penting dan paling mendasar bagi para pengusaha, pebisnis atau bagi mereka yang ingin mendapatkan uang melalui internet.


Ponsel yang semakin pintar (smartphone) semua serba online dari belanja hingga membaca berita. Hal ini akan mendorong atau akan membuat perubahan besar bagi semua kalangan untuk meningkatkan penghasilan lewat dunia maya, semua berlomba-lomba melakukan promosi via online.
Karena didasari dari kemajuan teknologi yang semakin berkembang itulah, kenapa dalam membangun sebuah website atau blog perlu dan harus diperhatikan, bagaimana caranya meng-optimalkan (OPTIMASI), agar website yang dibangun dapat bekerja sesuai dengan maksimal dan sesuai dengan apa yang kita inginkan.


Kali pertama jika kita ingin membangun sebuah web atau blog mungkin kita tidak tahu harus mulai dari mana, ataupun jika sudah tahu akan dihantui oleh berbagai macam pertanyaan-pertanyaan dasar seperti:
“kalau mau bikin web enaknya pakai blog, wordpress atau murni bikinan kita sendiri ya?”


Penulis sendiri sebaiknya menyarankan untuk membuat website dengan menggunakan wordpress yang nanti dipadukan dengan Hosting. Jika ingin sedikit tantangan, bisa membuat platform web sendiri dengan bahasa-bahasa pemrograman seperti PHP, kelebihannya kita dapat mengkustomisasi tampilan serta proses sesuai dengan keinginan, kekurangan akan sengat memakan waktu lama, karena skrip murni diketik dari nol (scratch), layaknya kita diberikan kertas kosong.


Kedua platform diatas sedikit lebih fleksibel dibandingkan jika teman-teman membuat web lewat blog. Memang akan jauh lebih cepat namun disini kita dapati untuk melakukan kustomisasi tampilan atau ingin menambah fitur tertentu akan sangat terbatas. Misalnnya jika berkaitan dengan database, itu akan sulit ketika kita ingin melakukan backup data, sebenernya bisa format yang dipakai adalah xml, cuma teman-teman harus menggunakan cara yang tidak mudah. Namun disisi lain blog itu sendiri tentunya akan lebih cepat ter-indeks oleh mesin pencari google, mengingat blogger saat ini telah dimiliki oleh pihak google.


Karena beberapa alasan tersebut penulis menyarankan ada baiknya menggunakan wordpress selain bisa sedikit dikustomisasi atau dimodifikasi sesuai keinginan, banyak juga tools pendukung seperti plguin yang disediakan oleh pihak wordpress, jika dibandingkan dengan menggunakan blog ataupun web murni.


Yang terakhir adalah hosting, tempat dimana kita menyimpan file-file yang berkaitan dengan skrip atau kode program dan database ke penyedia jasa, mengingat web yang kita buat posisi masih berada dilokal komputer(offline) jadi ketika ingin publikasi kita membutuhkan hosting supaya dapat diakses publik.


Semoga tulisan yang singkat ini bermanfaat, selamat beraktifitas salam.