Membuat Menu Dinamis Class Active dengan PHP

Membuat Menu Dinamis Class Active dengan PHP

Halo teman-teman kita berjumpa kembali di Blog YELLOWWEB.ID ini. Untuk tutorial kali ini kita akan mencoba bagaimana membuat menu dinamis, biasanya menggunakan Class active CSS. Menu yang akan kita buat nanti akan kita kombinasikan dengan file sintaks PHP. Yang bertujuan agar kita tidak melakukan prubahan perhalaman, saat adanya penambahan pada pilihan menu. Penjelasan detailnya sebagai berikut

Mungkin bagi teman-teman yang baru memulai belajar membangun sebuah web, merasa cukup kesulitan disaat membuat menu atau navigasi yang diberikan class active yang ingin digabungkan kedalam halaman web yang dinamis (PHP). Misalnya seperti ini kita memiliki beberapa halaman web, diantaranya home.php, about.php, gallery.php dan contact.php.

Kita bisa amati jika halaman web pada umumnya yang berganti hanya bagian isi(Content) saja. Untuk bagian header, menu(navigasi) sidebar dan footer akan selalu tetap.

Masalah disini muncul bagaimana caranya membuat menu tersebut dinamis, karena menu yang ada ada class khusus yaitu class active, yang menandakan bahwa halaman tersebut sedang dibuka.

Jika kita bisa rubah saja satu persatu, namun tentunya akan tidak efisien, bagaimana kalau kita memiliki halaman yang cukup banyak, kita harus merubah satu persatu disetiap halaman.

Teknik yang akan kita gunakan yaitu kita berikan tanda pada tiap-tiap halaman, disini kita memerlukan sedikit pengetahuan tentang PHP.

DEMO:http://www.yellowweb.id/demo/menu-dinamis-raw/index.php

Jika diperhatikan pada demo diatas, class active dapat berjalan seperti biasa. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

buatlah beberapa file: index.php(home), about.php, gallery.php, contact.php, navigasi.php.

disini ada beberapa yang perlu kita perhatikan, setiap page akan kita berikan kode

pada bagian paling atas doctype HTML.

Kode lengkapnya sebagai berikut:

berikut kode dari file navigasi.php

Teman-teman dapat potong kode pada bagian menu (navigasi), kemudian sisipkan pada tiap halaman dengan menggunakan fungsi PHP include.

Dengan cara seperti ini ketika terjadi perubahan pada bagian menu, teman-teman tidak perlu merubah satu persatu pada tiap-tiap halaman, cukup dirubah pada file navigasi.php tadi yang sebelumnya sudah kita buat.

Tentunya dengan cara seperti ini kita dapat menghemat waktu, karena lebih efektif dan efisien.

Comments are closed.