Cek Online Kecepatan Website

Cek Online Kecepatan Website

Sebagai seorang web developer kita harus memperhatikan tidak hanya dari segi tampilan, namun performa web secara keseluruhan, baik dari segi tampilan atau estetika dan yang tak kalah penting adalah kecepatan web tersebut saat diakses oleh pengunjung. Untuk itulah ada beberapa tools yang sangat bermanfaat, yang berfungsi untuk mengecek kecepatan atau performa web saat load time isi dari sebuah web. Apa saja itu langsung saja

1. Google Developers
Tools bawaan dari Google ini sangat membantu, mengecek sejauh mana web kita saat load time berjalan. Teman-teman bisa mengunjungi situs dibawah ini:
URL: https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

2. WEBPAGETEST
Untuk linknya saya sertakan, silahkan teman-teman bisa mengunjungi situsnya
URL: https://www.webpagetest.org/

3. GTmetrix
Sama dengan ke dua tools yang sebelumnya, situs ini berguna untuk melakukan cek performa terhadap web kita, kemudian jika terdapat hal-hal yang mengurangi performa web, maka kita dapat langsung melihat apa saja yang harus kita tambah dan kurangi di dalam web yang sedang dibangun.
URL:https://gtmetrix.com/

Saya biasanya menggunakan Google Developers, teman-teman bisa memilih diantara ketiga tools checker tersebut. Sebenarnya masih banyak selain ketiga tools yang saya berikan.

Sebagai seorang Web Developer, tidak melulu hanya tampilan saja yang kita perhatikan namun, performa web tersebut harus diperhatikan juga, supaya pengunjung tidak terlalu lama menunggu saat website sedang dibuka, karena jika hal itu terjadi, pengunjung akan segera menutup web kita yang akhirnya berpengaruh pada Bounce Rate (Rasio Pentalan) menjadi tinggi.

Semoga artikel yang singkat ini bisa membantu teman-teman, yang sedang mencari tahu bagaimana caranya melakukan pengecekan performa sebuah website.

Sampai berjumpa lagi diartikel berikutnya,

ciaou…

Comments are closed.