Belajar Web Harus mulai dari Mana?

Belajar Web Harus mulai dari Mana?

Bagi teman-teman yang baru ingin menggeluti didunia web development tentunya masih kebingungan, dari mana harus memulai dan tahapan-tahapan apa saja yang harus dipersiapkan, mengingat banyak sekali bahasa pemrograman yang ada saat ini. Apakah HTML dahulu, PHP atau CSS, dilanjutkan dengan JavaScript. Mana yang seharusnya lebih dahulu?

Pertanyaan:
Bahasa pemrograman apa yang harus saya pelajari dalam membangun sebuah website?
Jawaban:
HTML dan CSS HARUS!
Disini yang akan dipelajari bagaimana caranya membangun layout sebuah web. Untuk kerangkanya sendiri akan menggunakan HTML dan untuk mempercantik tampilan, dan mengatur tata letak akan dilakukan oleh CSS. Misalnya mengatur bagian Header, Menu dan Isi (Content).

Pertanyaan:
Apakah tidak ada solusi lain? Saya tidak mau belajar HTML dan CSS.
Jawaban:
Tidak ada solusi lain. Teman-teman harus belajar HTML dan CSS untuk pertama kali. Percayalah ini menyenangkan.

Pertanyaan:
HTML 5 dan CSS 3, kenapa mereka berseri? memang ada berapa versi?
Jawaban:
Tidak perlu khawatir, HTML dan CSS yang ada saat ini (pada saat tulisan ini dibuat) kebanyakan sudah HTML 5 dan CSS 3, sebenarnya tidak ada bedanya, biasanya setiap ada pembaharuan versi pasti ada penambahan dan pengurangan fitur, namun tidak banyak.

Pertanyaan:
Dimana saya mulai menulis HTML dan CSS tersebut?
Jawaban:
Disni lebih tepatnya adakah tool atau program tambahan untuk menjalankan file HTML dan CSS? Kalian bisa menggunakan Editor atau IDE (Integrated Environment Development), misalnya: Notepad++, Sublime Text, Atom. Ini seperti kalian menulis surat di aplikasi pengolah kata seperti MS Office, cuma yang kalian tulis saat ini adalah kode-kode HTML.

Pertanyaan:
Bagaimana cara menjalankan HTML dan CSS?
Jawaban:
Oke. Untuk menjalankan HTML dan CSS cukup dengan menggunakan Browser misalnya: Chrome atau Mozilla Firefox

Pertanyaan:
Hanya HTML dan CSS sajakah?
Jawaban:
Berikutnya JavaScript

Pertanyaan:
Apa itu JavaScript, sejenis makanan tradisionalkah?
Jawaban:
Menarik bukan. Jika HTML dan CSS menangani tugasnya masing-masing seperti membuat kerangka dan mengatur tata letak serta tampilan, maka JavaScript berguna untuk fitur interaktifnya. Misalnya disaat kita akan menekan tombol, akan memberikan aksi(action) apa, kemudian tidak hanya itu saja kita bisa membuat efek-efek seperti slider, accordion, dll.

Pertanyaan:
Sepertinya web kita lebih menarik, kenapa penulisannya berbeda dengan HTML dan CSS adakah solusi lain atau cara yang lebih sederhana?
Jawaban:
JavaScript ini bisa dikatakan benar-benar bahasa programming karena disana kalian akan menjumpai fungsi, pengkondisian, array, dll.
Solusi, coba kalian pelajari jQuery(kumpulan kode-kode library JavaScript) disini muungkin akan sedikit lebih mudah, cuma kami sarankan tetap belajar JavaScript meskipun hanya dasarnya.

Pertanyaan:
Sudah cukupkah HTML, CSS dan JavaScript? jadi saya bisa dikatakan sebagai Web Developer
Jawaban:
Mungkin lebih tepatnya Web Designer, karena yang kalian pelajari hanya sebatas tampilan luarnya. Biasanya di dunia pemrograman disebut Halaman Front-End. Untuk melengkapinya kalian harus belajar, dimana mereka seorang web developer mengerjakan Halaman Back-End.

Pertanyaan:
Front-End dan Back-End Developer, maksudnya apa? Saya sungguh tidak paham, jangan bercanda saya sudah pusing dengan istilah-istilah di HTML, CSS dan JavaScript!
Jawaban:
Fron-End Web Developer, biasanya mereka yang mengerjakan atau membangun sebuah web namun hanya berupa desain atau tampilan webnya, tanpa adanya proses. Ya desainya saja, meskipun disana ada sebuat tombol kirim, namun tombol tersebut tidak memberikan aksi(action) apapun.
Back-End Developer, mereka yang biasanya membangun halaman web, dengan memberikan prosesnya, seperti bagaimana cara membuat tombol tadi bekerja. Mereka menggunakan bahasa pemrograman seperti PHP.

Pertanyaan:
Ceritakan tentang kisah PHP?
Jawaban:
Pada suatu ketika di tahun 1994 Rasmus Lerdorf, bukan tentangga sebelah rumah tentunya, melainkan seorang programmer dari Denmark, ingin mengetahui sudah berapa banyak pengunjung webnya. Cara ini tidak bisa dilakukan hanya dengan HTML dan CSS, maka lahirlah PHP.

Pertanyaan:
Saya masih tidak paham?
Jawaban:
Clint Side(HTML, CSS, JavaScript) dan Server Side(ASP milik Microsoft, PHP, Ruby on Rails, Python), kalian akan paham setelah mencobanya.

Pertanyaan:
Baik saya akan coba bersabar. Adakah nanti yang akan saya pelajari?
Pertanyaan:
Ya tentu, kita masuk ke Database.

Pertanyaan:
Bank Data?
Pertanyaan:
Begini, PHP tadi hanya sebagai prosesingnya. Untuk menyimpan datanya kita memerlukan tempatnya, dalam hal ini Database, dan biasanya yang sering digunakan adalah MySQL

Pertanyaan:
Apakah langsung bisa di akses oleh orang banyak web yang saya buat?
Pertanyaan:
Deploy Web ya.
Hosting dahulu, mungkin teman-teman bisa cari di google dengan mengetikan jasa hosting, disana kalian akan mendapatkan informasi tentang penyedia hosting, tentunya tidak gratis ya.

Pertanyaan:
Apa saja yang perlu saya ketahui soal Hosting?
Pertanyaan:
Cukup mudah, pilih nama web domain yang ingin kalian gunakan misalnya: www.yellowweb.id, cek ketersediaan domain tersebut, pilih kapasitas atau ukuran space hardisk yang mereka tawarkan dan tentunya sesuiakan dengan kebutuhan web yang sedang dibuat. Pelajari antar muka Cpanel, mulai dari Email dan FTP

Pertanyaan:
Selanjutnya?
Pertanyaan:
Upload file kalian, ke hosting tempat dimana file-file tersebut akan di simpan, supaya bisa diakses oleh publik.

Pertanyaan:
Saya harap ini yang terakhir. Adakah yang harus saya pelajari lagi?
Pertanyaan:
Kalian bisa pilih, murni sebagai seorang Front-End Developer atau Back-End Developer.
Ada beberapa Framework, yang bisa mempercepat kalian dalam membangun sebuah web.
Untuk Front-End ada CSS Framework (Bootstrap, Zurb Foundation, Pure, Skeleton, MUI), JavaScript(Angular, React) dan untuk Back-End ada PHP(Laravel, CodeIgniter)

Pertanyaan:
……
Pertanyaan:
kami lanjutkan, Fokus pelajari, teman-teman tidak perlu semuanya, fokuskan pada dasarnya dahulu, selanjutnya nanti kita tinggal mengembangkan, pelajari, ulangi, cari kesalahan, perbaiki dan kembali lagi.
Perbaharui dengan berita-berita seputar teknologi. Satu lagi mulailah belajar Java atau bahasa C. Karena semua sudah mengarah ke Mobile Development. Android pondasinya Java, IOS menggunakan Objective C (SWIFT pengembangan dari Objective C). Tidak ingin itu semua, fokus pada JavaScript (Ionic, Cordova, Phonegap) – Hybrid Mobile App.

Pertanyaan:
Saya menyimpulkan urutannya seperti ini HTML, kemudian CSS, lalu JavaScript dan kemudian dilanjutkan dengan PHP, apakah benar?
Pertanyaan:
Catat!

Baiklah teman-teman semogra artikel yang singkat ini memberikan gambaran (road mad), bagi teman-teman yang ingin memulai membangun sebuah web.

Comments are closed.