Web Developer, Front-end, Back-end

Web Developer, Front-end, Back-end (4)Untuk artikel kali ini kita akan mencoba mencari tahu apa itu Web Developer, Front-end & Back-end. Oke guys

Web Developer sendiri biasanya ditujukan untuk seseorang yang membangun sebuah website. Web Developer dibagi beberapa bagian, diantaranya:
1. Web Designer (UI/UX Designer)
2. Front-end
3. Back-end
4. Full-stack Web Developer

Oke kita akan memulainya dengan Web Designer

Web Developer, Front-end, Back-end (3)

Web Designer, merupakan seorang yang mendesain sebuah website mulai dari sketsa, wireframe (mockup). Mereka terbiasa dengan tool-tools seperti Adobe Family.

Web Desainer, biasanya fokus pada hal-hal yang berkaitan dengan desain, tetapi ada beberapa yang memiliki keahlian HTML dan CSS (walaupun skill ini biasanya dimiliki oleh seorang Front-end).

Nah kita menuju ke Front-end Web Developer

Web Developer, Front-end, Back-end (2)
Seorang Front-end biasanya mengerjakan kode yang berkaitan dengan layout yang sudah dirancang oleh seorang Web Designer. Mengurusi segala hal bagian depan website (client-side), yang biasanya halaman tersebut langsung diakses oleh pengguna internet (user).

Skill yang wajib dikuasai adalah HTML, CSS, Javascript, Framework CSS (Bootstrap). Terkadang seorang Front-end merangkap sebagai Web Designer.

Berikutnya kita akan mencari tahu tentang Back-end.

Web Developer, Front-end, Back-end (1)

Seorang Back-end Web Developer, biasanya mengerjakan sistem bagaimana website bekerja.(server-side). Bahasa pemrograman (server-side) yang perlu dikuasai diantaranya PHP, JSP, ASP dan untuk Databasenya seperti MySQL, Oracle.

Seorang Back-end Web Developer harus mempunyai pemahaman logika yang kuat, serta mampu menguasai konsep pemrograman seperti OOP atau Object Oriented Programming.

Yang terakhir adalah Full-stack Web Developer.

Web Developer, Front-end, Back-end (4)Untuk yang satu ini biasanya merangkap mulai dari mendesain layout hingga sampai ke sistem webnya. Mengerjakan tugas dari seorang Front-end & Back-end.
Wow.

Nah teman-teman itu tadi sedikit istilah yang perlu kita ketahui, ketika teman-teman ingin terjun menjadi seorang Web Developer.

Oke nantikan artikel berikutnya ya,…

Comments are closed.