Mencegah Form Input Kosong pada PHP

Mencegah Form Input Kosong pada PHP

Halo teman-teman apakabar kalin, untuk artikel kali ini kita akan membahas seputar validasi pada sebuah form. Sudah seharusnya pada sebuah web aplikasi yang dibangun, terdapat fitur untuk melakukan validasi inputan. Ada berbagai teknik dan cara untuk melakukan validasi pada sebuah form.

Pada tulisan ini akan membahas seputar validasi form, dimana jika user tidak melakukan inputan sama sekali pada form yang akan disubmit, maka form submit akan ditolak, dalam artian tidak akan diteruskan untuk diinsert kedatabase. Teknik validasi ini mencegah agar data yang kosong tidak masuk ke dalam database.

Langsung saja teman-teman buat file index.php, file koneksi.php, dan file insert nya serta jangan lupa buat databasenya.

file index.php

file insert-data.php

file koneksi.php

Untuk databasenya, kalian bisa kopi skrip sql berikut kemudian simpan dengan nama database.sql kalian.

Perlu diketahui untuk file koneksi, sesuaikan dengan nama database teman-teman.

Untuk penjelasan skrip kode secara garis besarnya sebagai berikut:
Disini kita menggunakan fungsi php trim, yang bertujuan untuk menghilangkan karakter spasi pada saat penginputan dan dipadukan dengan teknik isset dan switch case.
Teknik validasi ini cukup bervariasi jadi silahkan teman-teman cari yang paling sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang sedang dibuat.

Untuk hasilnya dapat dilihat disini:
https://www.yellowweb.id/demo/validasi_form_kosong/index.php

Sumber:
https://www.php.net/manual/fr/function.trim.php
https://www.w3schools.com/php/func_string_trim.asp
https://www.php.net/manual/en/function.empty.php